VISI DAN MISI

VISI DAN MISI

Drs. H. M. Arifin Arpan, MM – Ir. H. Sufian Noor, MP

Periode 2013 – 2018

 

Pendahuluan.

 

Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa otonomi daerah dimaksudkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Melalui otonomi daerah diharapkan terjadi peningkatan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan serta potensi keanekaragaman daerah.

 

Otonomi daerah dijalankan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya, otonomi yang nyata dan bertanggung jawab. Otonomi daerah bukan saja memperhatikan kepentingan dan aspirasi yang tumbuh di tengah masyarakat, tetapi juga menjamin keserasian hubungan antar daerah dan memperhatikan masalah-masalah nasional untuk meningkatkan kesejahteraan bersama dan menjaga keutuhan wilayah NKRI. Oleh karena itu pembangunan di daerah diarahkan untuk menangani masalah-masalah lokal daerah sekaligus untuk mengambil bagian dalam tanggungjawab menyelesaikan masalah-masalah nasional secara bersama. 

 

Agenda politik lokal berupa pemilihan kepala daerah merupakan media dan wahana bagi masyarakat dalam mewujudkan kehidupan demokrasi  lokal guna memilih dan menentukan pimpinan daerahnya. Untuk memberikan gambaran bagi masyarakat mengenai arah kepemimpinan lima tahun ke depan, penyampaian visi, misi dan program merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon kepala daerah. Penyusunan visi, misi dan program ini disamping untuk memenuhi salah satu persyaratan administrasi pencalonan kami, yang lebih penting adalah memberikan gambaran langkah-langkah manajerial kami dalam upaya mengelola Pemerintahan Kabupaten Tapin periode tahun 2013-2018. 

 

Guna menjamin keterpaduan perencanaan pembangunan, dalam penyusunannya, visi, misi dan program ini juga mengacu pada dokumen perencanaan baik Pusat maupun daerah khususnya Perda Nomor 5/2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tapin Tahun 2005-2025, dimana periode tahun 2013-2018 merupakan tahapan lima tahun kedua dan ketiga,  yang memfokuskan pada pemantapan layanan dasar masyarakat, penyediaan sarana prasarana fisik infrastruktur disegala bidang, Reformasi Birokrasi, peningkatan layanan publik, peningkatan kualitas penataan ruang dan pengelolaan SDA yang berkeadilan dan berkelanjutan, pembangunan sektor pertanian secara luas.  

 

Visi misi dan program ini selanjutnya akan menjadi pedoman dalam menetapkan strategi dan kebijakan yang tepat  untuk mengoptimalkan seluruh potensi  sumber daya di Kabupaten Tapin dalam upayanya mewujudkan cita-cita bersama masyarakat yakni masyarakat Kabupaten Tapin yang Mandiri dan Sejahtera yang Agamis.

 

Masalah – Masalah dan Tantangan Pembangunan 2013 – 2018.

 

Dari berbagai capaian pelaksanaan pembangunan, masih terdapat beberapa permasalahan yang kiranya perlu mendapat perhatian kita bersama. Dalam kurun waktu lima tahun mendatang (2013-2018) terdapat tantangan yang dihadapi guna mewujudkan visi Kabupaten Tapin, antara lain :

 

 

  1. Peningkatan pemenuhan kebutuhan dasar menjadi prioritas meski 5 tahun ini derajat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang merupakan indikator komposit dari aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi mengalami perbaikan namun diperlukan akselerasi guna pencapaian yang lebih baik, bila dilihat daring peringkat Tapin berada pada peringkat 7 yaitu sebesar 69,34 pada tahun 2007 dan di tahun 2009terjadi penurunan peringkat 8 yaitu sebesar 70,13 dan 70,58 di tahun 2010;
  2.  
  3. Masih banyak jumlah penduduk miskin yang mencapai 9.343 jiwa atau 5,57 % dari total jumlah penduduk pada tahun 2010, bila dibandingkan dengan kondisi di tahun 2009 yaitu sebesar 7500 jiwa atau 4,93 %.
  4.  
  5. Capaian laju pertumbuhan ekonomi selama kurun waktu 2007-2010 rata-rata + 5% dengan PDRB perkapita ADHK sebesar Rp. 5.986.193,- di tahun 2010, meskipun telah mengalami pertumbuhan yang positif dan lebih baik dibanding tahun 2008 dengan PDRB perkapita sebesar Rp. 5.597.281,-, namun perlu dilanjutkan guna mengakselerasi kesejahteraan masyarakat sehingga diperlukan kuantitas dan kualitas pertumbuhan ekonomi yang inclusive, merata dan berkelanjutan khususnya di desa-desa;
  6.  
  7. Masih banyaknya jumlah pengangguran, dimana Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2010 tercatat mencapai sebesar 6,13 %  dan rata-rata TPT periode tahun 2008-2010 sebesar 6,7 % perlu didorong agar pertumbuhan ekonomi dan investasi yang tercipta harus memberikan peluang kesempatan kerja yang luas dan merata sehingga dapat mengurangi angka pengangguran;
  8. Pembangunan infrastruktur terutama jalan dan jembatan perlu terus ditingkatkan kualitasnya di semua ruas, mengingat ketersediaan infrastruktur ini dapat memberikan multiplier effect bagi pengembangan sektor-sektor yang lain.
  9.  
  10. Pembangunan ekonomi juga ditentukan oleh kualitas birokrasi, untuk itu perwujudan good governance dalam tata kelola pemerintahan masih perlu ditingkatkan;

 

Visi dan Misi

 

Memperhatikan isu-isu strategis, existing conditions, dan tantangan ke depan masyarakat Kabupaten Tapin, maka visi Kabupaten Tapin adalah :

 

Terwujudnya Tapin Mandiri dan Sejahtera yang Agamis

 

Visi tersebut menggambarkan harapan/keinginan mewujudkan kehidupan masyarakat yang Mandiri dan sejahtera yang agamis dengan penjelasan sebagai berikut :

 

  • Kemandirian Daerah adalah kemampuan riil atau nyata pemerintah daerah dan masyarakatnya dalam mengatur dan mengurus kepentingan daerah/ rumah tangganya sendiri menurut prakarsa dan aspirasi masyarakatnya, termasuk di dalamnya upaya yang sungguh-sungguh agar secara bertahap bisa mengurangi ketergantungan terhadap pihak-pihak lain (luar) tanpa kehilangan adanya kerjasama dengan daerah-daerah lain yang saling menguntungkan;
  • Kata ”Tapin Sejahtera” mengandung makna suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial baik material maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan dan ketentraman yang memungkinkan bagi setiap masyarakat Kabupaten Tapin untuk mengadakan pemenuhan kebutuhan jasmani, rohani dan sosial yang sebaik-baiknya;
  • Tapin Mandiri dan Sejahtera yang Agamis, mengandung makna kemampuan riil atau nyata Pemerintah Kabupaten Tapin dan masyarakatnya dalam mengatur dan mengurus kepentingan daerah/ rumah tangganya sendiri untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang layak dan bermartabat, dan adanya perhatian utama dengan tercukupinya kebutuhan dasar pokok manusia, seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan lapangan pekerjaan yang didukung oleh infrastrukutur fisik, ekonomi, sosial dan budaya yang memadai. Peningkatan kualitas kehidupan ini akan lebih difokuskan pada upaya pengentasan masyarakat miskin sehingga secara simultan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.
  • Perlu ditekankan disini bahwa kemajuan-kemajuan yang ingin kita raih, tidak hanya sekedar kemajuan di bidang fisik dan ekonomi saja, akan tetapi kita akan berusaha berupaya keras pula untuk dapat meraih kemajuan-kemajuan pada dimensi mental – spiritual, keagamaan, kebudayaan dan non fisik, agar kehidupan masyarakat benar-benar sejahtera lahir dan bathin

M I S I

 

Guna mewujudkan visi tersebut, ditetapkan misi sebagai berikut :

 

  1. Meningkatkan pembinaan keagamaan dengan mengutamakan partisipasi masyarakat di bidang sosial budaya keagamaan;
  2. Mengedepankan prinsip good governance untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat;
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia berkualitas melalui peningkatan derajat kesehatan dan derajat pendidikan individu dan masyarakat;
  4. Pemerataan dan keseimbangan pembangunan secara berkelanjutan dengan meningkatkan investasi dan pemanfaatan sumberdaya alam secara rasional, efektif dan    efisien untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah dan perluasan lapangan kerja;
  5. Pengembangan perekonomian yang bertumpu pada perluasan pembangunan infrastruktur perdesaan dan perkotaan untuk pengembangan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, dengan penekanan pada peningkatan pendapatan masyarakat.

 

Program Prioritas

 

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi misi di atas, berbagai program prioritas yang akan menjadi fokus kami dalam tahun 2013-2018, antara lain :

  1. Program Pembangunan Bidang Pendidikan 
  2. Program Pembangunan Bidang Kesehatan
  3. Program Pelaksanaan Reformasi Birokrasi 
  4. Program Peningkatan dan Pengembangan Prasarana Wilayah
  5. Program Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup
  6. Program Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial
  7. Program Pembangunan dan Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan 
  8. Program Perluasan kesempatan kerja

Penutup

 

Demikian beberapa pokok-pokok pikiran kami yang terangkum dalam visi, misi dan program pembangunan Kabupaten Tapin Tahun 2013-2018. Visi misi dan program ini hanya akan sebatas menjadi hiasan ataupun arsip semata ketika kita tidak mampu mewujudkannya. Oleh karena itu kami mohon do’a restu, saran, kritikan dan dukungan dari segenap masyarakat Kabupaten Tapin untuk dapat mewujudkan cita-cita dan ikhtiar bersama guna Terwujudnya Tapin Mandiri dan Sejahtera yang agamis.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin
email : kominfo@tapinkab.go.id ©2017