Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

  • Dibaca: Pengunjung
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Pimpinan

pimpinan_714321.JPG Jabatan Kepala Dinas
Nama Pimpinan Dra.Hj.Rusnaidah,M.AP

Kontak

Alamat Jl.Brigjend H.Hasan Basri Km.1 Rantau
Telpon 0517 32454
Fax 0517 32454
Email dukcapil.rantau777@gmail.com
Website

Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipilKabupaten Tapin dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah tanggal 6 September 2010 yang merupakan pemisahan dari Dinas Sosial Kependudukan dan Tenaga Kerja Kabupaten Tapin.

“Terwujudnya pelayanan prima di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil menuju masyarakat yang sejahtera”.

Misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah sebagai berikut :

1.      Meningkatkan pelayanan Pendaftaran Penduduk.

2.      Meningkatkan pelayanan Pencatatan Sipil.

3.      Menyelenggarakan system data dan informasi yang akurat.

4.      Mewujudkan aparatur yang terampil.

5.      Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dokumen kependudukan. 

Melaksanakan tugas melaksanakan urusan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan, dengan uraian tugas :

 

a.         Menetapkan kebijakan teknis dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

b.         Melaksanakan pembinaan teknis kegiatan pendaftaran penduduk dan mutasi penduduk;

c.         Melaksanakan pembinaan teknis kegiatan pencatatan sipil yang meliputi : kelahiran, kematian, pengangkatan, pengakuan, pengesahan serta perkawinan dan perceraian;

d.         Melaksanakan pembinaan teknis kegiatan operasional SIAK (Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan) serta pengolahan data dan informasi kependudukan;

e.         Memberikan dokumen kependudukan dan pelayanan umum;

f.          Melaksanakan pembinaan UPT (Unit Pelaksana Teknis);

g.         Mengordinasikan pelayanan administrasi dan mengelola ketatausahaan; dan

h.         Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugas.

Fungsi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam melaksanakan tugasnya menyelenggarakan fungsi :

 

a.         perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;

b.         pelaksanaan dan pembinaan teknis serta pengawasan dan pengendalian urusan kependudukan dan pencatatan sipil serta pengelolaan data dan dokumentasi kependudukan;

c.         pemberian pelayanan umum;

d.         pengelolaan unit pelaksana teknis;

e.         pelayanan administrasi dan pengelolaan urusan ketatausahaan; dan

f.          pelaksanan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

  • Dibaca: Pengunjung

Instansi Terkait Lainnya