Potensi Pertanian Kabupaten Tapin

  • Dibaca: 57 Pengunjung
Potensi Pertanian Kabupaten Tapin

Sektor pertanian merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Kabupaten Tapin , yaitu sebesar 56,36%. Sebagian besar masyarakat Tapin menjadikan pertanian sebagai sumber penghidupan utama sebagai petani. Oleh karena itu, sektor pertanian terus didorong agar menjadi sektor andalan di Tapin.

 

Komoditas pertanian yang berkembang di Kabupaten Tapin sangat beragam, Tanaman Pangan dan Palawija seperti Padi, Jagung, Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu dan Ubi Jalar, Hortikultura seperti Bawang Merah, Jeruk, Cabe Rawit, ragam sayuran dan tanaman obat seperti jahe, komoditas perkebunan di dominasi oleh karet dan kelapa sawit sedangkan peternakan berkembang pula ternak besar seperti sapi dan kerbau rawa, ternak  kecil seperti kambing juga unggas baik yg memproduksi daging maupun telur.

Selain meningkatkan produksi dan produktivitas semua komoditas pertanian melalui pemanfaatan sumber daya pertanian (modal, teknologi, pasar, informasi, lahan, alsintan, dll) secara optimal, pengembangan pengolahan dan pemasaran hasil produksi pertanian merupakan hal terpenting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan menjadikan Tapin sebagai daerah tujuan dalam berinvestasi.

Beberapa tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan  yang menjadi komoditas unggulan terus diupayakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat di Tapin sendiri maupun Kalimantan Selatan 

DATA LENGKAP DAPAT DI DOWNLOAD PADA BAGIAN DOWNLOAD

  • Dibaca: 57 Pengunjung

Potensi Tapin Terkait Lainnya

Cari Potensi Tapin