Diskominfo Tapin Gelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Hasil Lapor SP4N.

  • 27 Oktober 2020
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 66 Pengunjung
Diskominfo Tapin Gelar Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Hasil Lapor SP4N.
Diskominfo Tapin Gelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Hasil Lapor SP4N. RANTAU,- Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tapin HM Thamberin SSos MM saat membuka secara resmi rapat monitoring dan evaluasi hasil LAPOR SP4N, senin (26/10/2020). Bertempat di Aula Gedung Tri Guna jalan By Pass Rantau. Rapat monitoring dan evaluasi hasil Lapor SP4N dihadiri pejabat penghubung dari 15 SOPD di Kabupaten Tapin yang diantaranya dihadiri pejabat penghubung dinas PMD, Inspektorat, RSUD Datu Sanggul dan pejabat penguhung Kecamatan. HM Thambering mengungkapkan, rapat koordinasi bersama pejabat penghubung Lapor dalam rangka menindaklajuti segala pencapaian dan kendala dalam pelaksanaan aplikasi LAPOR terhitung mulai Januari s/d September 2020. Melalui rapat koordinasi ini, kita ingin pejabat penghubung tidak takut untuk melapor jika laporan dilaporkan oleh masyarakat. "Karena itu jika ada laporan baiknya didata agar dapat ditindaklanti dinas terkait, contoh jika ada laporan jalan atau jembatan yang rusak, baiknya didata informasi lengkapnya, agar kita dapat bersama - sama menindaklanjuti setiap kegiatan LAPOR dan disampaikan kedinas yang bersangkuta," papar HM Thamberin. Seperti yang diutarakan HM Thamberin, aplikasi LAPOR merupakan aplikasi pelayanan satu pintu agar masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara nasional untuk mencapai visi dalam good governance. Untuk itu Pemerintah pusat membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). LAPOR sendiri adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia yang dapat disampaukan melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter @lapor1708 dan aplikasi Android. LAPOR sendiri telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. Untuk diketahui pula lembaga pengelola SP4N-LAPOR dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik. SP4N-LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya. SP4N bertujuan agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik. Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
  • 27 Oktober 2020
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 66 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita