Warga Desa Parigi Kacil Ikuti Latihan Pengolahan Hasil Perikanan.

  • 22 Oktober 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 122 Pengunjung
Warga Desa Parigi Kacil Ikuti Latihan Pengolahan Hasil Perikanan.
Warga Desa Parigi Kacil Ikuti Latihan Pengolahan Hasil Perikanan.
 
RANTAU,-Dinas Perikanan dan TP PKK Kab.Tapin menggelar pelatihan pengolahan hasil perikanan dalam rangka pembinaan desa P2WKSS di desa Parigi Kacil, Kecamatan Bakarangan, kamis (17/10/2019) .
 
Acara dihadiri oleh Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani, Wakil Ketua TP.PKK Hj Tata Syafrudin Noor, Kadis Perikanan Tapin Ir H Bastian MAP serta jajaran TP PKK Kab.Tapin beserta ibu-ibu peserta pelatihan.
 
Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelatihan pengolahan hasil perikanan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dalam rangka mendukung kegiatan P2WKSS di desa Parigi Kacil.
 
Seperti yang diutarakan Hj Ratna, dalam mendukung program P2WKSS tentu menjadi tanggung jawab semua pihak terutama dukungan seluruh SOPD. Oleh karena itu sinegritas SOPD dalam memadukan programnya di P2WKSS harus terarah tentang apa saja yang sudah dilakukan.
 
"Kedatangan tim pembina tidak lain untuk melihat sejauhmana perkembangan P2WKSS Desa Parigi Kacil yang telah dilakukan," kata Hj Ratna.
 
Seperti yang diutarakan Hj Ratna   dengan memanfaatkan semberdaya ikan lokal yang melimpah, seperti ikan gabus dan ikan patin, kiranya sumberdaya ini dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai makanan berbahan ikan.
 
 
Karena itu melalui pelatihan ini, kita berharap para peserta dalam mengikuti pelatihan dengan sebaik mungkin, karena tujuan dari pelatihan ini tidak lain untuk memberikan keterampilan tambahan bagi ibu-ibu dan kaum perempuan agar  terampil terutama dalam menghadapi lomba P2WKSS.
 
 
Dalam kesempatan itu Hj Ratna bersama Hj Tata ikut menyaksikan langsung proses pembuatan krupuk ikan yang dipraktikkan oleh narasumber.
 
Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu di Parigi Kacil dan sekiranya pengalaman yang didapat dalam pembinaan dapat diterapkan untuk menambah pendapatan keluarga," tutup Hj Ratna.
 
Sementara itu pada kegiatan pembinaan Tim Penggerak PKK Tapin di desa P2WKSS Desa Parigi Kacil oleh Pokja TP PKK diantaranya melakukan pembinaan administrasi Posyandu.
 
 
Menjelang penilaian Program Terpadu Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) Kalimantan Selatan di Desa Parigi Kacil Kecamatan Bakarangan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta SOPD Terkait intensif melakukan pembinaan dan pembenahan terhadap objek vital yang menjadi penilaian.
 
Pembinaan pada kamis (17/10/2019) Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani, Wakil Ketua 1 PKK Tapin Hj Tata Syafrudin Noor bersama Ketua Pokja 1, 2, 3 dan 4 serta Kepala Dinas Perikanan Bastian dan Sekretaris DP3A M Noor MAP hadir secara langsung memberikan pembinaan.
 
 
Pada kegiatan pembinaan di desa Parigi Kacil, Ketua PKK langsung melihat data-data Posyandu yang sudah dibuat oleh masing-masing Pokja, untuk memastikan apakah sudah sesuai apa belum, sekaligus kedatangan tim pembina Kabupaten untuk memberikan masukan yang masih kurang.
 
"Dari yang kami lihat dilapangan semua sudah berjalan sesuai yang diharapkan, namun masih ada kekurangan tapi bisa diperbaiki khususnya dalam penyajian data." Kata Hj Ratna.
 
Menurut Hj Ratna, program P2WKSS akan berhasil jika individu masyarakat terutama kaum ibu-ibu memahami apa P2WKSS dalam mewujudkan suatu keluarga yang sehat dan sejahtera.
 
Dalam menghadapi penilaian, program P2WKSS hendakng mendapat dukungan dari semua pihak agar P2WKSS berhasil tepat sasaran dan harapan yaitu terwujudnya P2WKSS Desa Parigi Kacil nantinya juga dapat berdampak pada peningkatkan dibidang sosial, ekonomi, kesehatan hingga pendidikan nantinya tidak lagi yang namanya tertinggal.
 
Sementara Sekretaris DP3A Tapin M Noor mengatakan, tidak dalam waktu lama lagi penilaian P2WKSS dari Provinsi Kalsel akan datang melakukan evaluasi.
 
"Sesuai dijadwalkan PKK Provinsi Kalsel akan dilakukan evaluasi penilaian pada akhir bulan oktober atau awal november 2019 ini, "kata Hj Lailian Nor.
 
Seusai acara pelatihan, Ketua TP PKK Hj  Ratna Ellyani didampingi Hj Tata menyerahkan tanda kenang-kenangan kepada  narasumber.
  • 22 Oktober 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 122 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita