Diskominfo Tapin Gelar Bimtek Keamanan Informasi

  • 09 Oktober 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 66 Pengunjung
Diskominfo Tapin Gelar Bimtek Keamanan Informasi
Diskominfo Tapin Gelar Bimtek Keamanan Informasi.
 
RANTAU,- Pemerintah Kab.Tapin melalui Dinas Kominfo menyelenggarakan bimbingan teknis dan sosialisasi keamanan informasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital di Kab.Tapin, rabu (09/10/2019) bertempat di Aula Pendopo Balahendang.
 
Acara dihadiri oleh Aspemkesra  HM Yunus MM, Kadis Kominfo HM Thamberin SSos MM, Sekretaris Kominfo serta nara sumber Bapak  Zainal Suhardono dari balai sertifikasi elektronik Jakarta serta peserta Bimtek dari perwakilan SOPD dilingkungan Pemkab.Tapin.
 
HM Thamberin MM dalam laporan yang disampaikannya mengatakan Bimtek dan Sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pemahanan dan wawasan agar peserta mengerti tentang keamanan informasi elektronik dan tanda tangan digital yang dimaksud, selain itu juga untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga keamanan dokumen-dokumen yang berada di di lingkup SOPD di Kabupaten Tapin.
 
Dikatakan HM Thamberin, bimbingan teknis dan sosialisasi diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin bagi para peserta dalam menambah ilmu dan wawasan, karena itu dengan waktu yang sangat terbatas kiranya peserta memperhatikan dengan baik dan kalau perlu ditanyakan dengan sebaik mungkin agar nanti kedepannya hasilnya dari Bimtek di bawa ke semua SKPD lingkup Kabupaten Tapin.
 
"Sehingga kita tau apa artinya tanda tangan digital," ucap HM Thamberin.
 
 
Adapun peserta Bimtek, berjumlah 50 orang yang terdiri dari 32 orang lingkup semua SOPD yang ada di Kabupaten Tapin dan 18 orang lingkup di Dinas Kominfo Kabupaten Tapin.
 
Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM yang diwakili Aspem Kesra HM Yunus menyambut positif atas dilaksanakannya kegiatan Bimtel dan sosialisasi dalam upaya percepatan implementasi penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi serta memberikan pengetahuan dan wawasan yang dalam mengenai sertifikat elektronik.
 
Dikatakan HM Yunus, hal ini penting bahwa pelaksanaan tangan digital untuk mempermudah para pimpinan SOPD dalam hal yang berkaitan dengan perizinan, sehingga pimpinan tidak harus tidak harus selalu ada di tempat, pimpinan  tetap dapat melaksanakan penandatanganan, dan yang lebih penting bahwa dengan adanya sertifikasi elektroniknya artinya keamanan dokumen kita bisa lebih cepat, lebih aman dan mudah dilacak apabila terjadi penyalahgunaan bentuk dokumen perizinan.
 
Ditambahkan HM Yunus, dengan dikembangkan aplikasi elektronik dala pelayanan di berbagai organisasi perangkat daerah,  dengan adanya bimbingan atau pelatihan tentu dapat mempercepat proses tanda tangan dan mempersingkat waktu dalam pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkannya dan pengamanan dokumen yang dikeluarkan oleh SKPD yang bersangkutan lebih aman dan lebih mudah dipantau di monitor.
 
Berharap dengan kegiatan ini, tata kelola pemerintahan yang dilakukan secara elektronik mampu menciptakan mekanisme tata kelola pemerintahan yang lebih akurat, lebih cepat serta sesuai dengan perencanaan yang kita buat.
 
Gunakan esempatan yang sangat baik ini, khususnya bagi peserta seluruh SKPD agar serius dan sungguh-sungguh ini dari awal sampai dengan selesai." tutup HM Yunus menyampaikan sambutannya.
  • 09 Oktober 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 66 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita