Kerajinan Anyaman Tapin Goncang Inacraf Di Jakarta.

  • 24 April 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 51 Pengunjung
Kerajinan Anyaman Tapin Goncang Inacraf Di Jakarta.

Kerajinan Anyaman Tapin Goncang Inacraf Di Jakarta.

JAKARTA, - Berbagai macam produk hasil olahan tangan masyarakat Kabupaten Tapin kembali hadir di event international dalam pameran The 21 Jakarta International Handicraft Trade Fair Inacraft ( INACRAF) 2019 yang  berlangsung pada 24 - 28 April 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dibuka secara langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo, pamaren kerajinan indonesia Inacraf  2019  bertemakan "From Smart Village To Global Market dikuti peserta pameran dari berbagai negara yang ikut memamerkan berbagai produk unggulan daerahnya.

Pada Inacraf tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui binaan Dewan Kerajinan Tangan Nasional Daerah ( Dekranasda) Kabupaten Tapin kembali menampilkan berbagai macam prodok terbaik hasil kerajinan tangan dari  banua sendiri untuk di pamerkan dan banyak menjadi incaran para pembeli.

Dekranasda Kabupaten Tapin kali ini menampilkan produk unggulan yang berbeda dari daerah lain seperti tikar dalit berbahan purun, tas purun kombinasi kain sasirangan, tas rotan kombinasi enceng gondok, tutup saji bahan rotan, peci anyaman jangang dan peci anyaman rotan serta kain sasirangan berbagai macam motif khas tapin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM  mengatakan, pameran kerajinan Indonesia Inacraf menjadi agenda tahunan yang selalu diikuti guna memperkenalkan kerajinan daerah agar dikenal keberbagai belahan dunia.

Kali ini kita mengikutsertakan berbagai produk unggulan hasil dari pelaku UMKM Tapin binaan Dekransda tapin yang kita lakukan dalam rangka memajukan industri usaha kecil menengah yang dihasilkan kerajinan masyarakat tapin.

"Dengan keikutsertaan kita, pelaku usaha industri kecil nantinya bisa belajar dan melihat hasil olahan yang dihasilkan daerah lain untuk menjadi lebih baik, karena itu pameran ini selalu kita ikuti setiap tahunnya," ucap Bupati

Berharap adanya pameran ini kerajinan tapin bisa berkembang dan muncul pengrajin yang sapat melakukan inovasi-inovasi baru dalam pembuatan kerajinan khas daerah tapin sendiri. 

"Dengan mengetahui kerajinan dari daerah lain kita bisa juga belajar  sehingga dapat menjadikan motivasi dari hasil karya yang dihasilkan," tambahnya Bupati.

Sementara Ketua Dekranasda Tapin Hj Ratna Ellyani, pameran kerajinan Indonesia Inacraf 2019 ini Dekranasda Bersinergi dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Kota se-Kalsel dalam menampilkan berbagai kerajinan karya anak banua.

"Keikutsertaan pada Inacraf 2019 dengan harapan pelaku UMKM bisa membaca dan melihat perkembangan dan inovasi yang dihasilkan dari orang lain," katanya.

Diakui Hj Ratna walapun belum diberi pelatihan secara langsung dengan melihat dan membandingkan pada setiap pameran setidaknya untuk diri sendiri bisa tampil lebih baik lagi dengan inovasi-inovasi baru. Disamping itu  pula mungkin ada hal-hal yang baru atau desain baru sehingga bisa membanding dengan daerah lain menghasilkan sebuah produk yang berkualitas.

Kita akan selalu mendukung kegiatan pameran Inacraf yang bertujuan untuk memajukan industri kecil menegah Kabupaten Tapin. "Karena kita ingin menjadikan Dekranasda Tapin menjadi lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia." kata Hj Ratna.

Stand Dekranasda Tapin pada saat pameran diantaranya mendapat kunjungan dari Wakil Bupati Bandung Barat Henky Kurniawan bersama Istri dan Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah dan Dekranasda Kabupaten Kota Se Kalsel.

Turut serta mendampingi pada pameran Inacaraf Wakil Ketua TP PKK Tapin Hj Mustaidah beserta jajaran pengurus PKK Kabupaten Tapin dan Jajaran Dinas Perindustrian Kabupaten Tapin.

  • 24 April 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 51 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita