Penghargaan SAKIP, Tapin Meraih Predikat B

  • 07 Februari 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 44 Pengunjung
Penghargaan SAKIP, Tapin Meraih Predikat B

Tapin Terima Laporan SAKIP Tahun 2018.

RANTAU,- Menpan dan RB-RI Komjen Pol Drs Syafrudin MSi menyerahkan langsung laporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah (SAKIP) Kabupaten Tapin tahun 2018, Rabu (06/02/2019) bertempat di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

Acara dihadiri oleh Menpan RB Komjen Pol Drs Syaferudin, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Bupati Tapin yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Dr H Alfian Yusuf, serta para Gubernur dan Kepala Daerah wilayah II Indonesia.

M Yusuf Ateh Ak MBA dalam laporan yang disampaikannya, penyerahan laporan SAKIP dilaksanakan dengan mendasari amanat Permen No.6 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan Perpres No.29 tahun 2014.

Penyerahan laporan SAKIP  dilaksanakan di Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah yang dihadiri Gubernur dan Bupati sekota Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Lampung.
Sementara itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memulai sambutannya  mengucapkan selamat datang kepada Menpan RB serta para kepala daerah wilayah II yang berhadir di Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengajak seluruh kepala daerah agar bersama-sama mewujudkan birokrasi kelas dunia di seluruh Indonesia, selalui penyampaian laporan kinerja SAKIP mari berlomba mewujudkan kinerja Birokrasi yang berkualitas.

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs H Syafrudin dalam sambutannya  memberikan apresiasi yang tinggi kepada kabupaten/kota yang telah memberikan bukti nyata dalam mencapaian kinerja SAKIP.

Segala keberhasil yang dicapai merupakan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi, karena itu saya berharap agar seluruh daerah kedepan dapat berupaya mengoptimalkan penerapan SAKIP dengan lebih baik lagi," kata Menpan.

Pada kesempatan itu Menpan juga mengajak kepada seluruh Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah untuk lebih fokus dan lebih serius lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil.

Dengan laporam SAKIP gambaran peningkatan indek kesejahteraan masyarakat akan dapat dinilai, karena itu setiap alokasi dana yang diberikan  dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi daerah.

"Untuk Kabupaten/Kota yang masih mendapatkan katagori “C”  atau “CC”,kiranya dapat belajar dengan daerah yang telah menerapkan SAKIP dengan lebih baik," tandas Menpan.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Dr H Alfian Yusuf pada acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh jajaran SOPD lingkup Pemkab Tapin yang telah menghantarkan Kab.Tapin memperoleh predikat B, pada laporan SAKIP tahun 2018.

Dimana dari sebelumnya Kab.Tapin memperoleh predikat CC meningkat jauh meraih predikat B, hal ini tentu prestasi yang luar biasa yang harus kita pertahankan dan harus kita tingkatkan," kata Alfian Yusuf.

Untuk meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Tapin, sesuai dengan arahan dari Bupati Tapin kita mengajak seluruh kepala SKPD untuk bekerjasama untuk meningkatkan nilai SAKIP masa-masa yang akan datang.

"Berharap di tahun berikutnya Kabupaten Tapin dapat meningkatkan nilai yang lebih baik lagi." kata Alfian Yusuf.

Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Tapin tahun 2018  mengalami peningkatan dengan meraih predikat B dimana sebelumnya mendapat nilai CC, hal itu tentu keberhasilan yang harus kita jaga dan kita tingkatkan," Tandas Alfian.

  • 07 Februari 2019
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 44 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita