Pencanangan 12 Desa Menjadi Kampung KB

  • 01 November 2018
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 46 Pengunjung
Pencanangan 12 Desa Menjadi Kampung KB
Bupati Canangkan 12 Desa Kampung KB Kab.Tapin.
 
 
RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM canangkan Desa Mekar Sari Kec.Binuang sebagai Kampung KB tahun 2018 pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional XXV, Selasa 30/10 bertempat di Halaman Kantor Desa Mekar Sari Binuang.
 
Acara pencangan turut hadir Deputi bidang pelatihan, pendirian, pengembangan bkkbn pusat Prof m rizal martua damanik. Kepala BKKBN provinsi kalsel Ketua DPRD Kab Tapin Abdullah, ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani, Wakil Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Tata Syafrudin Noor, kepala sopd dan anggota PkK se Kab Tapin.
 
Panitia pelaksana Noor Ifansyah mengatakan Dengan mengangkat Tema "hari keluarga hari kita semua “.Dengan slogan “cinta keluarga cinta terencana” peringatan Hari Keluarga nasional tingkat Kabupaten Tapin tahun ini sekaligus dilaksanakan pencanangan kampung KB tahun 2018. 
 
Puncak peringatan Harganas dan Pencanangan Kampung KB juga dirangkai dengan kegiatan pelayanan KB, pelayanan kepndudukan oleh Dinas kependudukan dan catatan sipil dan pelayanan perpustakaan mobile dari dinas perpustakaan dan arsip daerah.
 
Kegiatan Harganas juga dengan seminar kependudukan bagi generasi muda yang pesertanya remaja usia sekolah tingkat provinsi kalsel, dan juga sosialisasi gerakan institusi bangkit (gesit) bagi PPKBD se Kab. Tapin.
 
Dalam Arahannya Prof Muhammad Rizal Martua Damanik mengatakan sejak tahun 2009 BKKBN sudah berganti nama dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional menjadi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
 
"Sekarang BKKB tidak hanya mengurusi masalah KB ataupun alat Kontrasepsi tetapi juga mengurus penduduk se Indonesia mulai Janin hingga lansia,"terangnya
 
BKKBN ditugaskan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo terkait dengan tiga nawa cipta yaitu nawa cipta yang terkait mengenai pembangunan dari daerah pinggiran yang mana pembangunan baik itu dibidang Infrastruktur maupun pendidikan dan kesehatan juga ada di daerah pinggiran.
 
Nawa cipta lainnya tentang meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia yang mana saat ini perkembangan teknologi sehingga sumber daya manusia perlu berkembang sehingga dapat bersaing dengan SDM dari negera lain dan terakhir nawa cipta tentang revolusi mental.
 
"Untuk itu saya berharap agar kedepannya setiap orang dapat selalu merencanakan apa yang ingin dikerjakan bahkan dalam berumah tangga," harapnya
 
Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM dalam sambutannya mengatakan Bahwa pada saat ini peranan keluarga dalam konteks pembangunan nasional dan daerah dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan dan memiliki arti strategis seiring dengan dijadikannya keluarga sebagai titik sentral pembangunan yang berkelanjutan. 
 
Pada kesempatan ini juga Bupati Tapin mengingatkan Kepada seluruh jajaran pengelola KB khususnya penyuluh KB dan stakeholder yang ada di kabupaten tapin, untuk dapat meningkatkan kinerjanya, memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat." Tandas Bupati.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti pencanangan Kampung KB tahun 2018 dan Penyerahan hadiah attg, obgyn kotak penyimpanan alat dan kontrasepsi.
 
12 desa yang ditetapkan sebagai kampung KB 2018 yaitu Desa Mekar Sari Kec.Binuang, Desa Hatiwin Kec. Tapin Selata, Desa Hiyung Kec Tapin Tengah, Desa Banua Halat Kanan Kec.Tapin Utara, Desa Sei Rutas Hulu Kec.CLS, Desa Sei Puting Kec CLU, Desa Parigi Kec.Bakaranga, Desa Puncak Harapan Kec. Lokpaikat, Desa Paring Guling Kec.Bungur, Desa Batu Ampar Kec.Piani, Desa Burakai Kec.Hatungunn dan Desa Suato Baru Kec.Salam Babaris.
  • 01 November 2018
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 46 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita