Panen Pedet dan Tanam Bawang Di Kecamatan Salam Babaris

  • 01 November 2018
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 37 Pengunjung
Panen Pedet dan Tanam Bawang Di Kecamatan Salam Babaris
Produktifitas Sapi Tapin Meningkat melalui Program Inseminasi Buatan Atau Kawin Suntik.
 
RANTAU,- Pemerintah Kab.Tapin melalui Dinas Pertanian gelar acara penen pedet, serta tanam banang dan melaksanakan gerakan minum susu yang dilaksanakan di desa Suato Baru, Kecamatan Salam Babaris, rabu (31/10/2018) kemaren pagin
 
Acara dihadiri oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM, Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Plh Sekda Tapin Dr H Rahmadi, forkominda Tapin serta Direktur Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI serta Kadis Pertanian dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalsel.
 
Seperti yang diungkapkan Kadis Pertanian Tapin Wagimin SP MAP, proram inseminasi buatan anakan sapi atau Pedet telah di galakkan selama dua tahun yang dilakukan guna percepatan kawin suntik untuk mempercepat angka kelahiran anak sapi dan meningkatkat produktifitas sapi di Kab.Tapin.
 
Dari hasil IB dari target 2000 tercapai target 1 semester 1.098% atau 94,50% dan insallah pada bulan Oktober-Nopember sudah tercapai 100% program inseminasi buatan (IB)." Kata Wagimin pada acara penen pedet, serta tanam banang dan gerakan minum susu kemaren.
 
Dikatakan Wagimin untuk kelahiran baru pedet tapin mencapai 28,23% kelahiran pedet dari hasil kawin suntik, yang mana untuk hasil IB kita laksanakan panen raya pedet pada bulan Sep-Okt sesuai perhitungan." Kata Wagimin.
 
Program IB (inseminasi buatan) pada sapi berina dan indukan berupa percepatan kawin suntik sendiri dilaksanakan untuk mepercepat angka kelahiran untuk memperbanyak produksi ternak sapi.
 
Sementara itu Bupati Tapin, sangat mendukung peran Dinas Pertanian dalam menggenjot dan mengoptimalkan berbagai program yang ada, dalam rangka meningkatkan populasi sapi di daerah sendiri untuk mewujudkan swasembada sapi.
 
Kebutuhan daging sapi di daerah Tapin sekitar 3.000 ekor, kita sudah kelebihan dan tidak masalah untuk ternak sapi, namun kita harus terus meningkatkan populasi sapi kita.
 
Dengan Program Siwab ini diharapkan dapat menggerakkan perkembangan ternak sapi agar lebih terorganisir dan terpantau baik dari perkembangan kelahiran dan kesehatan ternaknya.'kata BUti dalam sambutannya ada acara panen pedet di kab. Tapin.
 
  • 01 November 2018
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 37 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita