Tapin Mendapat Penghargaan Sertifikat Eleminasi Malaria Dari Kemenkes RI

  • 11 Oktober 2018
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 44 Pengunjung
Tapin Mendapat Penghargaan Sertifikat Eleminasi Malaria Dari Kemenkes RI
Menkes Serahkan Sertifikat Eliminasi Malaria Untuk Tapin
 
 
RANTAU,- Atas keberhasilan Tapin dalam pengendalian dan pencegahan penyakita malaria, Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM diganjar penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dam Pengendalian Penyakit. 
 
Penyerahan penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria ini diberikan hanya kepada 7 Kabupaten/ Kota di seluruh wilayah Indonesia yang telah berhasil memerangi penyakit endemik malaria secara kontinue selama minimal 3 tahun berturut-turut.
 
Dalam sambutan ny, Menteri Kesehatan menyatakan bahwa eliminasi malaria adalah komitmen global yang telah disepakati pada sidang Majelis Kesehatan Dunia (World Healthy Assembly ) WHA 2007 lalu. Mengutip data World Malaria Report 2012, dari 104 negara endemik malaria, terdapat 70 negara yang di klasifikasikan berada dalam fase pemberantasan malaria.
 
10 negara dalam fase pra eliminasi dan 10 negara lainnya sudah dalam fase eliminasi. Indonesia sendiri bertekad kuat untuk mencapai eliminasi malaria selambat lambat nya pada tahun 2030 mendatang. 
 
Lebih lanjut Menkes mengharapkan kegiatan surveilans malaria di daerah-daerah yang sudah memperoleh sertifikat eliminasi malaria dapat dilakukan dengan baik, agar status eliminasi yang sudah dicapai tetap bisa dipertahankan terus menerus.
 
Penyebaran penyakit Malaria sendiri merupakan permasalahan yang kompleks, karena berkaitan tidak hanya dengan masalah lingkungan saja, tetapi juga berkaitan dengan perubahan iklim, mobilitas penduduk serta perilaku masyarakat.
 
Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengaku capaian prestasi yang diperoleh Tapin saat ini berkat kerjasama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga masyarakat itu sendiri.
 
"Alhamdulillaah Tapin menjadi satu-satunya Kabupaten di Kalsel yang tahun ini meraih Sertifikat Eliminasi Malaria. Ini semua berkat perjuangan dan kerja keras kita semua dalam melawan penyakit malaria. Tanpa adanya kerjasama dan komitmen yang kuat antara pemerintah daerah dengan masyarakat, prestasi ini tidak mungkin tercapai," tukas Arifin Arpan. 
 
Bupati juga mengajak masyarakat untuk selalu membiasakan pola hidup yang bersih dan sehat dalam kehidupan sehari- hari, baik di tingkat keluarga dan lingkungan kerja, agar terhindar dari berbagai macam penyakit menular yang berbahaya," tandas Bupati 
 
Penghargaan Sertifikat Eliminasi diserahkan langsung oleh Menteri Kesehata RI melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr.Anung Sugihantono, M.Kes dalam gelaran Hari Penglihatan Sedunia, bertempat di Puslitbang Kesehatan Humaniora & Manajemen Kesehatan, Balitbangkes Krembangan Surabaya, kamis (11/10/2018).
  • 11 Oktober 2018
  • Oleh: admin
  • Dibaca: 44 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita