Wakil Bupati Tapin dan Wakil Ketua PKK Tapin Resmikan Pasar Ramadhan

RANTAU, ~ Wakil Bupati Tapin Ir.Sufian Noor membuka secara resmi Pasar Ramadhan di hari pertama puasa pada bulan Ramadhan 1435 Hijriah/2014 Masehi, Minggu (29/6) kemarin.Dalam peresmian Pasar Ramadhan ini Wakil Bupati Tapin didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Tapin, Sekretaris Daerah Tapin, Kepala Dinas Pengelolaan Pasar, Camat, dan Pejabat SKPD di lingkup Pemkab Tapin. Peresmian Pasar Ramadhan ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Tapin Ny.Hj.Diah Nila Purnama.

Wakil Bupati Tapin Ir.Sufian Noor diawal sambutannya atas nama pribadi, keluarga, dan Pemerintah Kabupaten Tapin menyampaikan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan bagi seluruh warga Tapin yang sedang menunaikan ibadah puasanya. Pasar Ramadhan 1435 Hijriah ini merupakan tradisi khas daerah yang telah menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Tapin melaksanakannya setiap tahun sekali. “Kami mendukung sekali para pedagang di Pasar Ramadhan ini yang menyajikan kuliner pangan khas daerah untuk kaum muslimin di daerah ini sebagai menunya berbuka puasa, “katanya.

Kami berharap kegiatan Pasar Ramadhan ini dapat membantu perekonomian masyarakat, juga kedepannya pada tahun-tahun berikutnya diharapkan lebih berkualitas terutama tempatnya yang strategis semoga kegiatan ini disambut warga dengan baik. Kemudian juga Wabup Tapin dengan tegas mengatakan kepada para pedagang dapat menjaga dagangannya dengan sebaik-baiknya. “Kami harapkan juga terhadap para pedagang dapat memperhatikan lingkungannya tempat Ia berdagang jagalah kebersihannya, karena kami yakin jika tempat dagangan kita bersih tentu orang akan senang berbelanja dan mendatangi dagangannya sehingga cepat laris, “katanya.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar, Drs.Muzakir Astam mengatakan, “Jumlah pedagang yang berjualan ini sangat banyak, saya perkirakan hanya ada sekitar 50 lapak pedagang dengan jumlah 50 orang pedagang saja. Ternyata jumlah pedagang ada sekitar 51 orang lebih, dengan jumlah lapak yang ada, “katanya.

Para pedagang di Pasar Ramadhan ini kita himbau waktu mulai menjajakan dagangnya itu pada pukul 14:00 Wita atau Ba’da Sholat Zuhur. “Selain itu kami himbau juga kepada para pedagang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pasar, serta ketertiban, dan keamanannya selama bulan Ramadhan. Dimana nanti Kami siapkan juga kantongan khusus para pedagang untuk membuang ratik sampah agar mereka tak membuang sampah sembarangan, “katanya.

Terkait Pasar Ramadhan ini kedepannya kami mengusulkan kepada DPR dan Panitia Anggaran untuk tahun 2015 mendatang, lapak areal untuk para pedagang Pasar Ramadhan itu direncanakan dipindah. Hal itu mengingat saat ini keterbatasan tempat yang ada di Jalan Pasar II Rantau dan dinilai sudah tidak memungkinkan lagi bertempat disitu, karena hanya mampu menampung 50 pedagang saja. Sementara pedagang kuliner tradisional di Pasar Ramadhan kita ini dinilai sangat banyak sekali, karena itu kita upayakan untuk mereka kedepannya agar bisa tertampung. Selain itu saat ini Pasar Ramadhan itu dikelola secara swadaya oleh para pedagang dan terkodinir oleh Kepala UPT di Pasar, dimana lapak para pedagang itu sendiri yang membuatnya. “Tahun depan kita usulkan lokasinya tidak disitu lagi dan untuk Pasar Ramadhan disediakan khusus untuk mereka yang mampu menampung pedagang lebih dari 200-an dan digratiskan tanpa dipungut biaya, semoga ini bisa disetujui Badan Anggaran Pemda dan juga DPRD Tapin, “katanya.

Pasar Ramadhan merupakan satu diantara tradisi khas daerah yang hadir setiap tahunnya di tengah momentum selama bulan puasa Ramadhan. Di Pasar Ramadhan inilah para pedagang menjajakan kuliner pangan khas daerah siap saji mulai dari Bingka Barandam, Bingka Tapai, Bingka Kentang, Bingka Telor, Nasi Pundut, Fatah, Kalalapun, Cucur, Amparan Tatak, Putri Selat, Lapis Sasirangan, Cincin, Lapis Daging, Lakatan Dibawah, Wadai Kararaban, Bubur Caca, Bubur Randang, dan banyak lainnya. Selanjutnya usai meresmikan Pasar Ramadhan, Wakil Bupati Tapin beserta Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Tapin dan Pejabat SKPD dilingkup Pemkab Tapin beserta undangan lainnya belanja di Pasar Ramadhan dengan menggunakan voucher belanja yang didapatkan dan digunakan di hari peresmian Pasar Ramadhan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin
email : kominfo@tapinkab.go.id ©2017