Menko Puan Puji Program Sungai Bersih dan Sehat Tapin

Menko Puan Puji Program Sungai Bersih dan Sehat Tapin
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani memuji Program Inovasi Pelayanan Publik "Sungaiku Bersih dan Sehat" yang di paparkan oleh Bupati Tapin, Arifin Arpan saat menerima kunjungan Menko PMK di stand pameran Inovasi Pelayanan Publik Kab. Tapin pada Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Stadion Manahan Kota Surakarta Propinsi Jawa Tengah, Jumat (26/8).
"Inovasi Sinovik Sungaiku Bersih dan Sehat kabupaten ini sangat bagus, patut di apresiasi dan bisa ditiru oleh kabupaten lain yang memiliki permasalahan kebersihan menyangkut BABS oleh masyarakat", ucap Puan.

Lebih lanjut puan juga meminta agar setiap kepala daerah di Indonesia mampu memunculkan terobosan program-program pelayanan masyarakat yang kreatif, inovatif dan berani, bisa bermanfaat secara luas bagi masyarakat.
Menyambut hal itu, Bupati Tapin bersama dinas terkait serta komponen masyarakat lainnya yang ada di Tapin mengajak untuk terus melakukan terobosan-terobosan pelayanan baru dan bermanfaat terhadap masyarakat, termasuk upaya kita untuk membersihkan bantaran Sungai Tapin dari jamban, tukas Arifin Arpan di dampingi sejumlah dinas terkait, usai menerima kunjungan Menko PMK Puan Maharani.
Program Inovasi Sungaiku Bersih dan Sehat Kabupaten Tapin tidak hanya bertujuan untuk mngembalikan fungsi alami sungai sebagai bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Program Sungaiku Bersih dan Sehat dusamping bertujuan untuk membangun sarana sanitasi di setiap rumah, tetapi juga kepada pemberdayaan masyarakat dan mengubah pola perilaku masyarakat menuju perilaku budaya hidup bersih dan sehat (PHBS).
Program yang di gagas semenjak tahun 2014 di wilayah kabupaten Tapin ini hingga sekarang sedikit demi sedikit mampu membuahkan hasil yang positif. Bantaran Sungai Tapin awalnya masih di penuhi jamban akhirnya mulai jauh berkurang. Pendekatan persuasif kepada masyarakat, pembangunan jamban komunal yang tidak lagi di bantaran sungai, penyuluhan2 kesehatan oleh para petugas medis dibantu aparat desa dan Kodim 1010 Rantau telah merubah pola pikir dan kebiasan masyarakat utk Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di sungai.
Atas terobosan Pemerintah Kabupaten Tapin menyangkut pelayanan publik tentang sungai inilah yang akhirnya di apresiasi pemerintah pusat untuk masuk TOP 99 SINOVIK 2016.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin
email : kominfo@tapinkab.go.id ©2017